2010

Hai lagi semuanyaaaa….

(diambil dari catatan di fb Astuti)

Ini Ashero junior mau cerita lagii..

Beberapa minggu yang lalu, Ibu buat janji di RS yang letaknya ada di Jl Kaliurang. Kata Bude Wulan, disitu alat USG 4Dnya bagus dan charge USGnya terjangkau sekali. Setelah sampai disana jam 10.30 dan menunggu beberapa menit, akhirnya Ayah Ibu masuk ke ruangan dokternya dan Ibu langsung berbaring di tempat periksa.

Dokter mengoles gel yang dingiin banget di perut Ibu, terus mulai deh ada alat yang bergerak-gerak di perutnya Ibu. Aku sudah tertidur dengan posisiku meringkuk nyaman di perut Ibu. Soalnya tadi pagi, Ibu sudah kasih sarapan enak dan aku kenyaang sekali. Udah gitu, waktu berangkat tadi Ayah nyetirnya pelan-pelan sambil pasang AC dan disetelin musik yang enak buat didengerin. Makanya aku sudah bobo pas sampai di RS. Jadi, Dokter tidak bisa melihat mukaku dengan baik karena aku masih sungsang dan posisiku meringkuk dengan kepala menunduk, udah gitu tangan dan kaki menutupi mukaku. Terus Ibu diminta miring kiri biar Dokter bisa lihat mukaku dengan jelas. Tapi aku masih asyik bobo meringkuk, jadi akhirnya Dokter melihat bagian tubuhku yang lain saja..

Kata dokter, tali plasentaku bagus dan posisinya tidak melilit badan atau leherku. Terus bagian bawah pantatku disorot sama dokter, akhirnya menara dan skrotumku terlihat jelas sama dokter, jadi dokter bisa pastikan aku ini jagoannya Ayah. Sampe sini Ayah Ibu senyum-senyum sambil bilang “Alhamdulillah..”. Walaupun Ibu selalu bilang aku cowok atau cewek sama aja, tapi katanya kalo cowok kan nanti bisa lindungi dan jadi contoh yang baik buat adek-adekku, kaya Ayah gitu..

Setelah lihat bagian tubuhku yang lain, dokter kembali fokus ke mukaku. Aku masih ngantuk banget dan kedua tanganku aku tutupin muka supaya aku bisa tidur lagi. Dokternyapun jadi gemas. Dan mulai deh kejar-kejaran alat USG dengan posisiku agar Ayah, Ibu dan Dokter bisa melihat mukaku seperti apa. Akhirnya dokter berhasil juga mengabadikan mukaku. Tentunya dengan susah payah. Hihihihi, gapapa deh ngerjain dokternya sedikit. Naah ini dia mukaku. Coba tebaak.. aku mirip siapa hayooo?


Setelah itu, dokter mengukur beratku, ternyata beratku sekarang hampir 2 kali lipat bulan lalu. Aku yang berumur 28 minggu ini sekarang beratnya jadi 1257 gram. Kata dokter beratku normal dan sesuai dengan umurku sekarang. Dan berarti semua makanan yang masuk ke Ibu lari ke aku semua. Ya iyalah, kan setiap makan Ibu selalu bilang, “Ibu abis maem ini sama itu (selalu disebutin satu-satu), dihabisin ya sayang, maemnya buat adek semua..”


Sepulang dari USG, dirumah Akung Noor sudah menunggu Akung, Uti dan para Tante. Karena semuanya sudah pada tebak-tebakan aku ini cowok apa cewek. Dan begitu tau aku cowok, semua langsung bertepuk tangaaan.. Akung Noor malah langsung teriak “cihuuuuiiii!!”gitu. Ehehe..kayaknya semua senang banget ya..

Karena jadwal periksanya dua minggu sekali, hari Sabtu kemaren Ibu ke Pak Dokter lagi. Waktu itu Ibu sedikit khawatir karena takut posisiku masih sungsang. Setelah Ayah Ibu masuk ke ruang periksa, suster mengukur tekanan darah dan berat badan Ibu. Semuanya baik, berat badan Ibupun kenaikannya tidak sebanyak sebelumnya.

Setelah itu, pak Dokter dengan santai menyapa Ayah Ibu dan bertanya kondisi Ibu.  Ibu bertanya tentang kedutan kecil terus-terusan di perutnya. Pak Dokter bilang kalau itu tanda bayi cegukan, dan cegukan itu tandanya sehat karena sedang melatih paru-paru dan diafragmaku. Terus Ibu menjelaskan posisi tendangan dan cegukanku. Abis dicek, ternyata posisiku sudah betul, kepala sudah dibawah. Ibu langsung lega.. Tuh Bu, makanya jangan khawatir, aku baik-baik aja, aku kan anak pintar seperti kata Ibu..

Aku kembali dilihat pake USG, dari kepala sampai kaki. Kata Pak Dokter sih mataku sipit. Sampai sini Ibu ketawa, “iya kan, adek bayi tuh Ayah banget” kata Ibu. Hidungnya mungil (hum, kayanya Ibu gak terima aku dibilang pesek, walaupun Pak Dokter cuma becanda) kaya hidung Ibu gitu. Ibu juga gemes banget liat pipiku yang gembil. ^.^ Terus Pak Dokter lanjut ke paru-paru, jantung, lambung, tulang belakang dan organ-organ dalam yang lain, terlihat normal dan sehat kata pak Dokter. Alhamdulillah..

Terus Pak Dokter mulai mengukur femur atau tulang pahaku. Mulai deh Ayah becanda soal femur, Pak Dokter aja sampai ketawa. Ayahku itu lucu banget sih. Selain itu Pak Dokter juga mengukur diameter kepala dan perutku. Di umurku yang 31 minggu ini beratku sudah mencapai 1740 gram. Wah, sesuai perkiraan kita ya, Bu.. Kata Pak Dokter juga sudah normal, bagus, kalo dipertahankan seperti ini kemungkinan aku nanti lahir dengan berat sekitar 3,3 – 3,4 kg. Wah kalau yang ini, semuanya menang karena tebakannya betul, soalnya aku gendut kaya Ayah.. Hehehe..

Selain itu Pak Dokter cek posisi plasenta dan ketubannya, katanya gak ada masalah, bagus.. Dokter cuman kasih saran ke Ibu untuk tetap konsumsi protein dan makan lebih banyak. Oh, dan Ibu diminta juga untuk tetap ikut senam dan banyak jalan-jalan (senangnya Ibu..) katanya supaya kepala aku turun ke panggul Ibu.

Yah sekian deh, cerita perkembanganku sampai di minggu ke 31 ini. Ibu kayaknya sudah semakin siap-siap melanjutkan belanja buat keperluanku nanti, dari bulan lalu Ibu sudah mengincar beberapa barang yang mau dipesan online dan sudah menyusun rencana untuk jalan-jalan dan belanja kesana-kesini..

Tante, Om, Mahde, Pahde, doakan aku selalu sehat dan kuat ya.. Aku masih betah nih di perut Ibu. Kata Ibu, aku harus banyak makan & minum, banyak olahraga, latihan bernapas dan sebagainya. Belum lagi belajar matematika sama Ibu, terus juga dengerin musik dan baca cerita. Oh iya, satu lagi tugas dari Ayah, aku harus temenin dan jagain Ibu terus. Jadi, tunggu aku sampai April ya.. Pada saat itu aku baru siap untuk melihat dunia.. Amiiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s